Photos from FAM48INA's post !

[TRANSLATE] Interview TAKAHIRO-SENSEI oleh Editorial Music "Real Sound" 振付師・ダンサーTAKAHIROが語る、欅坂46の表現が進化し続ける理由「言うならば、振付は器」 Koreografer Sekaligus Penari TAKAHIRO Berbicara tentang Alasan Mengapa Ekspresi Keyakizaka46 Terus Mengalami Kemajuan: Bisa Dibilang, Koreografi adalah Wadah Mereka A.「欅坂46の強い歌詞ならこうなるのは当たり前」 A. “Karena kuatnya lirik Keyakizaka46, hal seperti ini sudah sewajarnya” *ここからは欅坂46の振付について伺います。欅坂に関わることになったのは、乃木坂46の舞台『すべての犬は天国へ行く』(参照:乃木坂46が舞台『すべての犬は天国へ行く』で手にした、グループとしての強靭な武器)の振付を担当したことから発展したそうで。 *Saya akan mulai menanyakan tentang koreografi Keyakizaka46. Keterlibatan Anda dengan Keyakizaka46 dimulai saat anda menjadi penanggungjawab koreografi untuk drama panggung Nogizaka46 “Subete no Inu wa Tengoku e Iku”. TAKAHIRO:その舞台を見たプロデューサーの方が「今度デビューする欅坂46というグループがあるんですけど、MV撮影の○月○日空いてますか?」って声をかけてくださったんです。偶然その日だけスケジュールが空いていて、やりましょうとなりました。 TAKAHIRO: Produser yang melihat drama panggung itu berbicara pada saya, “Setelah ini grup yang bernama Keyakizaka46 akan melakukan debut, apakah Anda kosong pada saat syuting video klip tanggal sekian bulan sekian?”. Kebetulan jadwal saya kosong hanya pada hari itu, jadi saya setuju untuk melakukannya. *「サイレントマジョリティー」の振付がここまで話題になると思ってらっしゃいましたか? *Pernahkah Anda berpikir koreografi “Silent Majority” bisa menjadi sepopuler ini? TAKAHIRO:当然話題になったらいいなと夢見て作りました。とはいえ、こんなにたくさんの方がご覧になるとは想像だにしなかったです。 TAKAHIRO: Tentu saja saya membuatnya dengan harapan bisa menjadi populer. Namun, saya tidak pernah membayangkan akan begitu banyak orang yang melihatnya. *J-POPのダンスは主に、全員同じ動きをするユニゾンや、運動量などに偏りが出ない振付が多いです。ところがこの曲は、平手友梨奈さんが特に目立つ構造で、彼女の先導に従って他メンバーがマスゲーム的に行進するという、フォーメーションの組み方や動き方からして特異な世界観でした。あれはTAKAHIROさんが歌詞から連想して作っていったんでしょうか? *Grup J-POP pada umumnya memiliki tarian dimana seluruh membernya menarikan hal yang sama, lalu banyak koreografi yang tidak melulu soal banyaknya jumlah gerakan. Akan tetapi di lagu ini, Hirate Yurina-san begitu menonjol di dalam formasi, member lainnya seperti sedang berparade dalam sebuah mass game yang dipimpinnya. Mulai dari cara mereka membentuk formasi hingga gerakannya benar-benar dibuat dengan perspektif yang unik. Apakah Anda membuat koreografi yang berkaitan dengan liriknya? TAKAHIRO:そうです。逆に単調なフォーメーションを求めている歌詞だったらそうしてました。「サイレントマジョリティー」は、みんな物を言わず同じ方向を向いてる現代社会の中で、その群衆の中にいる1人が「違う」と言い出して逆の方向に向かう。するとそれに呼応するように「私も違う」「私も違うと思う」と大きな流れができていく。その様を一つのステージの中で描くには、どう表現したらいいかなと考えて作りました。 TAKAHIRO: Benar. Sebaliknya, jika liriknya menuntut formasi yang monoton, maka saya akan membuat koreografi yang seperti pada umumnya. “Silent Majority” adalah lagu tentang masyarakat zaman sekarang yang semuanya terus melangkah ke arah yang sama tanpa mengatakan apapun. Namun di antara kerumunan itu, ada 1 orang yang berkata “Ini salah” kemudian melangkah ke arah sebaliknya. Orang-orang kemudian saling meresponnya, “Aku juga”, “Menurutku ini juga salah”, hingga menjadi sebuah kerumunan yang besar. Saya membuatnya dengan memikirkan bagaimana sebaiknya mengekspresikan dan menggambarkan hal tersebut di atas panggung. *大人数グループだとそういう絵が作れるんですね。 *Anda bisa membuat gambarannya karena mereka grup dengan jumlah anggota yang banyak, ya? TAKAHIRO:そうなんです。21人がいたからこそのダイナミックな絵が。 TAKAHIRO: Benar. Saya bisa membuat gambaran yang dinamis karena mereka ada 21 orang. *品を重ねるにつれて振付のトリッキーさが加速していることについてはいかがでしょうか。「エキセントリック」は靴を片方脱いでぶんぶん回して放り投げ、「月曜日の朝、スカートを切られた」はもはや一つの演劇のようです。 *Lalu, bagaimana dengan semakin rumitnya koreografi yang sejalan dengan bertambahnya lagu-lagu mereka? Di lagu “Eccentric” mereka melepas salah satu sepatu, kemudian memutar-mutar dan melemparkannya. Koreografi “Getsuyoubi no Asa, Skirt wo Kirareta” juga seperti sebuah pementasan teatrikal. TAKAHIRO:トリッキーさが加速してるのは歌詞に呼応してます。歌詞がどんどん攻めていってるんですよ。 TAKAHIRO: Semakin rumitnya koregrafi mereka merupakan respon dari liriknya. Lirik mereka semakin lama semakin agresif. *見る人に衝撃を与えよう、みたいなてらいは特にないと。 *Itu artinya tidak ada maksud tertentu untuk memberikan efek kejut pada orang yang melihatnya. TAKAHIRO:こんなに強い歌詞なんだからこうなるのは当たり前じゃないかって思っています。<I am eccentric 変わり者でいい 普通なんかごめんだ>って言ってるのにボックスステップ踏むのは変だし、<僕は嫌だ>って叫んでるんだから動きも叫びに合ったものになる。欅坂46の強い歌詞だからこそなんです。 TAKAHIRO: Karena liriknya sekuat ini, maka saya berpikir sudah sewajarnya koreografinya seperti ini. Meskipun liriknya mengatakan, “I am eccentric, kawarimono de ii, futsu nanka gomen da” (Aku seorang eksentrik, tak mengapa jadi orang aneh, maaf bila diriku terlalu normal), melakukan box step itu adalah hal yang aneh. Karena mereka berteriak “Boku wa iya da” (Aku tak sudi), maka gerakannya juga harus sesuai dengan teriakan itu. Itu semua karena kuatnya lirik Keyakizaka46. *「これぐらいやってもいいんだ」と幅が広がってきているような感覚はありますか? *“Kalian bisa melakukannya kira-kira hingga sejauh ini”, adakah keinginan supaya jangkauan mereka semakin luas? TAKAHIRO:それはメンバーのレベルが上がったから、作れる幅も広がってきたんです。例えば「不協和音」でバーンって撃たれたように倒れるシーンがあるのですが、今のメンバーなら本当に身体が大丈夫? って思うぐらい心を揺さぶる動きができるんですよ。結成されてから2年の時間をかけて、彼女たちが可能性の幅をどんどん広げていることを感じます。 TAKAHIRO: Karena level member yang meningkat, saya memperluas jangkauan yang bisa dibuat. Contohnya “Fukyouwaon”, ada gerakan dimana mereka roboh seolah-olah karena tertembak. Saya bisa menyelesaikan gerakan yang menggetarkan hati dengan pikiran seperti ini, “Apakah tubuh member yang sekarang akan benar-benar tidak apa-apa saat melakukannya?”. Setelah 2 tahun sejak pembentukan mereka, saya merasa potensi jangkauan mereka perlahan-lahan semakin meluas. B.「表現者としての欅坂46」 B. “Keyakizaka46 sebagai seniman ekspresi” *TAKAHIROさんは今や欅坂46のライブ演出でも大きな役割を果たしていて、この夏はツアー『欅坂46 全国ツアー2017「真っ白なものは汚したくなる」』の総合振付およびステージングを担当しました。そこで披露された「東京タワーはどこから見える?」は面白い振付でしたね。 * Saat ini TAKAHIRO-san juga mengemban peran penting dalam produksi konser Keyakizaka46. Dalam tur “Keyakizaka46 Tour 2017 ~Masshiro na Mono wa Yogoshitaku Naru~” di musim panas ini, Anda bertanggungjawab dalam koordinasi pementasan dan koreografi. “Tokyo Tower wa Doko kara Mieru?” yang ditampilkan di tur punya koreografi yang menarik, ya? TAKAHIRO:グループ初の“マルチセンターシステム”を行いました。センターがどんどん変わっていくんです。センターの人は自分の持ってるストーリーだったり個性に合った動きをやってもらい、残りのメンバーは今センターになってる人を際立たせる動きを一緒に行うという作りになってます。 TAKAHIRO: Itu adalah “sistem multi-center” pertama di grup ini. Centernya berganti terus-menerus. Setiap center punya ceritanya masing-masing dan juga diberikan koreografi yang sesuai dengan kepribadiannya. Sebuah karya dimana member lainnya menampilkan koreografi yang menarik perhatian bersama-sama dengan member yang tengah menjadi center. *佐藤詩織さんならバレエ、鈴本美愉さんならキレキレのヒップホップなど、メンバーの特性を深く理解しているTAKAHIROさんならではの手法だと思いました。どういう意図であの振付が生まれたんでしょうか? *Sato shiori dengan tarian balet, Suzumoto Miyu dengan tarian hip-hop yang enerjik, saya pikir itu metode TAKAHIRO-san untuk memahami secara mendalam ciri khas masing-masing member. Tujuan seperti apa yang membuat Anda melahirkan koreografi itu? TAKAHIRO:欅坂46はたぶん平手友梨奈さんが一番目立って見えているだろうけど、実は一人ひとりがすごく大事なポジションを担ってるんですよ。あれは欅坂46全員、今の体制でいうと21人、みんながみんな主の東京タワーだっていうことなんですよ。「東京タワーはどこから見える?」=メンバーそれぞれが、お客さんにとって一番見えるところにいるべき曲だなと思いました。 お客さんからすると、それぞれに見たいタワーがいるわけです。MVと違ってライブだから、各々好きなメンバーを目で追っているかもしれなくて、誰の目からも東京タワーが見えるようにしました。だけど最後、その東京タワーが重なって一つの影になっていって見えなくなる。そして今のセンターを担う平手友梨奈さんの手のひらが東京タワーの影から出てくる、というストーリーでした。 TAKAHIRO: Di Keyakizaka46 yang terlihat paling menonjol mungkin Hirate Yurina-san, tapi sebenarnya masing-masing member mengemban posisi yang sangat penting. Seluruh member Keyakizaka46, 21 orang dalam formasi saat ini, semuanya adalah Tokyo Tower. Lagu “Tokyo Tower wa Doko kara Mieru?” sama dengan masing-masing member, saya pikir bagi penonton ini adalah lagu yang seharusnya berada di tempat yang paling mudah terlihat. Dari sudut pandang penonton, tower yang ingin dilihat pastilah berbeda-beda. Karena konser berbeda dengan video klip, mungkin tiap penonton akan berusaha mengikuti pergerakan member yang disukainya. Dari mata siapapun, member dapat terlihat sebagai Tokyo Tower. Akan tetapi, di bagian akhir, Tokyo Tower itu berkumpul, menjadi satu bayangan, dan menjadi tak terlihat. Kemudian, Hirate Yurina-san yang tengah mengemban peran sebagai center mengeluarkan telapak tangannya dari bayangan Tokyo Tower, seperti itulah ceritanya. *以前、TAKAHIROさんが「彼女たちはアイドルでありながら表現者なんだと尊敬します」と発言されているのを見ました。どんなところが表現者だと思うか教えていただけますか。 *Sebelumnya, saya pernah melihat pernyataan TAKAHIRO-san, “Saya mengagumi mereka sebagai idola sekaligus seniman ekspresi”. Bisakah Anda memberitahukan bagian mananya yang menurut Anda merupakan seniman ekspresi? TAKAHIRO:メンバーの皆さんはシンプルに、何を伝えるかっていうことを大事にしています。例えばツアー練習の時、忙しく「まず形を覚えてください」と言ったら、形を覚えて練習したあと、メンバーが僕のところに来てこう言いました。「形を覚えるだけだとメンバーによって若干ニュアンスが違う気がするから、やっぱり話し合う時間を作りたい。私たちはがんばれるからその時間を作ってほしいです」と逆に言われたんです。本人たちはただの形を見せようとしてるんじゃなくて、曲のメッセージを心から伝えたいんだなと。そういう時に表現者だなって思います。 TAKAHIRO: Sederhananya begini, mereka semua mereka menganggap penting hal yang akan mereka sampaikan. Contohnya pada saat latihan tur, saya mengatakan “Untuk awalnya, tolong ingat gerakannya” di tengah kesibukan mereka. Setelah selesai latihan mengingat gerakan, mereka mendatangi saya untuk mengatakan sesuatu. Mereka bilang pada saya, “Kalau hanya mengingat gerakannya, kami merasa beberapa member akan memiliki gambaran nuansa yang berbeda, jadi kami ingin diberi waktu untuk berdiskusi. Kami akan berjuang, jadi kami ingin waktu untuk itu”. Mereka tidak hanya ingin memperlihatkan gerakannya, tapi juga ingin menyampaikan dari hati pesan dari lagu-lagu mereka. Pada saat itu saya berpikir mereka adalah seniman ekspresi. *TAKAHIROさんには特定の師匠がいなかったわけですが、今お話を聞いていると、欅坂46のメンバーはTAKAHIROさんを師匠としてそのスタイルを継承しているようにも思えます。 *TAKAHIRO-san mungkin tidak menganggap diri Anda sebagai guru khusus bagi mereka, tapi begitu saya mendengarkan cerita Anda tadi, saya jadi berpikir sepertinya member Keyakizaka46 mewarisi gaya Anda sebagai guru mereka. TAKAHIRO:欅坂46の一番素晴らしいところは、誰かにやらされてるんじゃなくて自分たちで欅坂46を作ってるところなんです。僕は設定やきっかけを与えるだけの存在です。例えば彼女たちの人気曲「世界には愛しかない」だったら、歌詞の中で<最後に大人に逆らったのはいつだろう>って言ってる、なら主人公は現在何歳だと思う?とか、「二人セゾン」だったら<僕>は今までどんな人間だったんだろう? とか、 僕は歌詞が伝えている設定をみんなで共有する時間を持ちます。そうやって主人公の心情やメッセージについて話し合って、世界観を共有し、メンバー自身が最終的に考えて答えを出す。僕が答えを教えてるわけじゃないんです。 TAKAHIRO: Hal paling luar biasa dari Keyakizaka46 ialah mereka tidak melakukan sesuatu karena permintaan orang lain, mereka menciptakan Keyakizaka46 dengan kekuatan mereka sendiri. Saya hanyalah seseorang yang memberikan latar dan umpan. Contohnya lagu mereka yang populer “Sekai ni wa Ai shikanai”, ada lirik yang berbunyi “Saigo ni otona ni sakaratta no wa itsu darou” (Entah kapan terakhir kali aku menentang orang dewasa), kemudian saya bertanya pada mereka kira-kira berapakah usia dari tokoh utama lagu tersebut? Lalu di lagu “Futari Saison”, si “aku” ini kira-kira manusia yang seperti apa selama ini? Saya punya waktu untuk berbagi dengan mereka mengenai latar yang akan disampaikan dari lirik-liriknya. Kami berdiskusi tentang pesan dan perasaan dari si tokoh utama, kami juga saling berbagi pandangan, akhirnya member sendirilah yang berpikir dan mendapatkan jawabannya. Saya tidak pernah memberitahukan jawabannya pada mereka. *なるほど。確かに表現者ですね。 *Ternyata begitu. Mereka ternyata memang seniman ekspresi. TAKAHIRO:言うならば、振付は器。そこに本人たちが色のついた水を注ぐ。彼女たちは空っぽな器をただ空っぽに表現してるんじゃなくて、自分たちのアイデンティティを波々と注ぎ込んでいる。そこが欅坂46の魅力だと思います。歌詞を自分の言葉として出す、一つひとつの振付をダンスとしてじゃなくて自分の感情のように内なるものとして出しているから、表現が生まれているのだと思います。 TAKAHIRO: Bisa dibilang, koreografi adalah wadah mereka. Mereka menuangkan air berwarna ke dalamnya. Mereka tidak hanya mengekspresikan begitu saja wadah yang kosong, mereka menuangkan secara terus-menerus identitas mereka sendiri ke dalamnya. Saya pikir itulah daya tarik Keyakizaka46. Mereka menyampaikan liriknya sebagai perkataan mereka sendiri, mereka tidak cuma menarikan satu per satu koreografinya, mereka mengekpresikannya sebagai bagian dari diri mereka sendiri, seolah-olah itu adalah emosi mereka sendiri. SOURCE: http://bit.ly/2GKPA4h #YuiRena



(Feed generated with FetchRSS) COME ON!!